CARILAH PONDOK PESANTREN YANG BAIK.

Bissmillahirohmanirrohim, assalamualaikum.. selamat sore kawan-kawan. kali 9ni saya akan berbagi informasi bagaimana cara memilih pondok pesantren yang baik. ini bukan tutorial ya tapi ini cara agar kita yang ingin mondok tidak tersesat akan paham paham yang sesat di jaman sekarang.

oke langsung saja.


  1. Ketahui dahulu pimpinan pondok pesantrennya.

Jika abda sudah mengetahui siapa pimpinan pondoknya, sekarang anda cari tahu dimna beliau mengaji atau menuntut ilmunya. dan siapa gurunya  dan siapa saja nasab keturunannya. mengapa hal ini harus di ketahui karena jaman sekarang banyak orang-orang yang masih awam terhadap ilmu agama tetapi mengaku-ngaku dan berpenampilan seperti ustadz-ustadz besar. dan timbullah paham paham yang sesat atau diluar ajaran islam. Cara mencari tahu informasi tersebut anda bisa langsung survey ke lokasi pondok pesantren tersebut. dan tanyakan langsung kepada santrinya, atau anda bisa tanyakan kepada jam'ah pondok pesantren tersebut atau mnanyakan kepada lingkungan masyarakat bagaimana peran pondok pesantren tersebut.
jika anda sudah mengetahui profil tentang pimpinan pondoknya dan sudah pasti beliau ngajinya dmana dan gurunya siapa dan nasab ketuunannya siapa, sudah selesai langkah pertama.

    2.  Caritahu apa paham/ajaran pondok pesantren tersebut.
"Mengapa kita harus mencari tahu ajarannya ? sudah jelas itu pondok pesantren sudah pasti akan mengajarkan tentanfg keislaman" jelas kita harus mencari tahu dahulu paham nya karena islam saat ini sangat berbeda dengan islam jaman dahulu, di jaman sekarang banyak timbul ajaran-ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran kanjeng nabi muhammad SAW. "lalu apa yang harus saya lakukan ? saya kan baru pertama kali ingin modoko jadi saya tidak mengerti tentang itu." anda tanyakan kepada orang tua anda apa ajarang yang pantas untuk keluarga anda dasn apa ajaran yang sudah di jalani hingga saat ini. atau jika anda ingin meyakini kembali tentang jawaban orang tua and, anda bisa tanyakan kepada ustadz atau guru ngaji anda yang pernah mengajarkan anda tentang ilmu agama.
Lalu bagaimana kitaa mengatahuainya ?? caranya sama seperti cara yang pertama yaitui survey ke lokasi pondok pesantren dan kita bertanya-tanya kepda kyainya atau kepada jama'ahnya. carilah pondok pesantren yang sesuai dengan jawaban dari orang tua anda karena jika tidak sesuai akan terjadinya konflik agama di dalam keluarga, dan carilah pondok pesantren yang mengutamakan KTSM(kunut,tahlil,sholawat,marhaba.) dan jika anda sudah menemukan pondok pesantren yang sesuai anda meminta ijin kepada orang tua anda dan kepada guru ngaji anda dan mintalah air doa kepada orang tua anda agar di beri kekuatan dalam menuntut ilmu.

Mengapa saya menulis artikel seperti ini? karena di jaman sekarang banyak konflik yang mengatas namakan agama hanya untuk kekuasaan. dan alhamdulillah cerita ii saya ambil dengan sepengetahuan saya dan pengalaman saya selama mondok, dan alhamdulillah saya menemukan pondok pesantren yang sesuai ajarang nya yang sudah pasti kyainya,
Previous
Next Post »