Pengertian Grafik Dalam Multimedia

  •  Pengertian Grafik
Istilah grafik berasal dali kata 'graphikos' berasal dari bahasa yunani melukiskaan atau menggambarkan garis-garis. Grafik adalah medium berbasis visual. seluruh gambar dua dimensi adalah grafik, apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi, maka tetap di sajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi atau layar monitor. Grafik bisa menyajikan kenyataan (reality) contohnya foto atau berbentuk iconic  contohnya gambar diam yaitu foto, gambar digital dan gambar bergerak. contoh gambar diam yaitu seperti foto, lukisan, dan poster. dan contoh gambar bergerak adalah animasi, video dan film. selain menggunakan size dan resolusi. gambar bergerak juga memiliki durasi.

  •  Pentingnya Grafik
Pentingnya grafik dalam multimedia, diantaranya digunakan untuk menerangkan suatu konsep yang tidak dapat atau sulit di terangkan oleh teks. Grafik dapat digunakan sebagai petunjuk, demonstrasi, keterangan, dan lain-lain. Grafik sering digunakan dalam suatu multimedia interaktif, karena grafik merupakan salah satu media visual yang dapat menjadikan suatu proses pembelajaran lebih bermakna.
  • Jenis Grafik 
 Ada 4 jenis grafik yang dapat digunakan dalam membuat multimedia interaktif yaitu Bitmap, Clip art, gambar digital, dan hypergambar

Bitmap
 Gambar biasanya disimpan secara konfrensip didalam komputer berbentuk gambar raster atau bitmap. ini untuk menghasilkan gambar dua dimensi di dalam penyajian komputer. Gambar grafik bitmap terbentuk dari kumpuklan pixel-pixel. setiap pixel mempunyai satu set bit yang menyatakan warna dan intensitasnya (intensity) File gambar bitmap mempunyai ukuran yang besar. File gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi setiap kali file gambar di buat, resolusi gambar perlu dinyatakan. rosulusi gambar yang tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jelas

Clip art
Membuat grafis dengan tangan sangat menyita waktu. untuk menghemat waktu, ada banyak koleksi (library) Clip art yang dapat digunakan waktu membuat multimedia. ada banyak koleksi dengan kategori umum, termasuk foto, event, animasi, backgrount tile, button, dan bullet, sementara koleksi lain berfokus pada visual time, seperti image alam atau keilmuan
Previous
Next Post »