PEMBATALAN WUDHU

Assalamu'alaikum kawan kawan... :) jumpa lagi dengan saya restu anam :D jangan pernah bosen ya sama postingan saya :D kali ini saya akan berbagi ilmu agama :D asekkkk agam :) so alim gitu ya :D bukan so alim sih tapi saya cuan ingin  mengemukakan saja kepada publik. udah mah ceramah ga bisa yaudah saya tumpahin semua nya lewat postingan ini. syukur syukur ada yang baca :D 

kali ini saya dapet ilmu baruu nihh. tentang hukum pembatalan wudhu. saya ga sembarang ngetik ya. apa lagi ini tentang agama pasti haruh i pertanggung jawabin tuh. saya dapet referensi ini dari kitab sulam taufiq. kal bahas kitabnya bakal panjang lagi guys jad langsung ke inti pembicaraan.

Wudhu.
khusus nya untuk umat muslim pasti tau kan apa itu wudhu. wudhu adalah perkara yang bisa mengesahkan suatu perkara contoh nya syarat sah nya solat kita harut wudhu, kalo kita mau pegang kitab suci al-qur'an kita harus wudhu, sunah nya mandi wajib didahulukan kita harus wudhu. waww ternyata wudhu sangat penting untuk memulai ibadah :) jadi apa saja penyebab batalnya wudhu. 

Pembatalan Wudhu.
Pembatalan wudhu itu ada 4 menurut kitab sulam taufiq. antara lain :
  1.  Ada yang keluar dari salah satu qubul dan dubur.
Segala sesuatu yang keluar dari salah satu lubang qubul (anus) dan dubur (hasafah/farji) itu penyebabnya batal wudhu mau itu air kencing, air wadi, air madi atau sejenisnya, tapi ada satu cairan yang tidak dapat membatalkan nya yaitu air mani. \


      2.  Memegang salah satu qubul (anus) dan dubur (hasafah/farji).

Memegang salah satu qubul (anus) dan dubur (hasafah/farji) menyebabkan batalnya wudhu jika menggunakan telapak tangan dalam. bagaimana jika tidak menggunakan telapak tangan jelas itu tidak batal.  batasan telapak tangan dalam da luar yaitu cukup menempelkan kedua telapak tangan kita berhadapan. semua yang tertutup oleh telapak tangan kita itu bagian dari dalam telapak tangan kita yang bagian luarnya bisa terlihat jelas di baian luar tepak tangan kita. 
lalu bagaimana kalu kita memegang kelamin hewan. itu jelas tidak membatalkan terhadap wudhu kita selagi kita tidak ada sahwat terhadap hewan tersebut. dan bagaimana jika kita memegang kelamin nya mayat yang sudah meninggal itu jelas menyebabkan buatalnya wudhu kita tetapi tidak menyebabkan batalnya wudhu nya si mayat.

      3.   Saling bersentuhan kulit wanita dengan pria.

Salah satu penyebabnya batal wudhu yaitu saling bersentuhan kulit wanita dengan pria yang tidak muhrim tanpa ada nya penghalang. bagaimana kalau kita memegang kulit lawan jenis tetapi belum baligh (belum cukup umur) itu tidak menyebabkan batalnya wudhu tetai bisa saja batalnya wudhu jika si anak kecil tersebut adalah seseorang yang kita kagumi.

     4.   Hilang akal/Tidak sadar

Entah itu disebabkan oleh penyakit ataupun sejenisnya jika kita tidak sadar akan perilaku yang kita buat itu dapat terjadinya batal wudhu. bagaimana jika tidur? tidur dapat membatalkan wudhu jika tidur kita dalam posisi tergeletak, jika posisi kita duduk dan posisi bokong kita tidak mengangkat itu tidak terjadi batalnya wudhu.


Nahh itu sepengetahuan saya terhadap pembataan wudhu. sekian dari saya jangan lupa share ke yang lain agar pengguna sosial media menambah wawasan.
Previous
Next Post »