Musyawarah santri.

Assalamu'alaikum kawan-kawan... :D saya dapet ilmu baru nih, kemarin di pesantren alhalim ada musyawarah. jadi sekarag saya akan berbai permasalahan yang di musyawarahkan. siapa tau ada yang perlu :D

Ceritanya.
Ada seorang kyai yang di hina oleh orang lain karena pemikiran kyai tersebut di anggap salah, lalu kyai tersebut mempunyai santri dan santri tersebut berniat untuk membalas hinaan orang yang telah menghina kepada kyai dengan cara menyantet.
Pertanyaannya.
Bagaimana hukum menyantet orang dengan niat untuk membalas perilaku orang lain yang menghina seorang kyai.? padahal niat seorang santri itu baik.
Jawabannya.
Perilaku sorang santri tersebut itu sebenarnya sangat ceroboh karena tidak setimpal dengan perilaku orang yang menghina seorang kyai, karena menurut kitab ta'lim muta'lim haram seseorang menggunakan ilmu sihir walaupun niat nya baik atau buruk. dari pembahasan yang di ajarkan di kitab ta'lim muta'lim itu sudah jelas bahwa menggunakan ilmu sihir itu hukumnya haram. jadi terbukti perilaku seorang santri itu kurang tepat. seharusnya ia menanyakan dahulu kepada kyai apa yang harus dilakukannya.
tetapi dibalik cerita tersebut terdapat hikmah yang kita ambil. salah satu nya meningkatkan jiwa jihad seorang santri yang membela ulama.
Previous
Next Post »